Home » » Sejarah Awal Microsoft Hingga Sekarang

Sejarah Awal Microsoft Hingga Sekarang

Written By Rudy on 5 April 2014 | 18:25


Microsoft

Microsoft Siapa Yang Tak Kenal Mungkin Produk yang anda Gunakan Untuk mengakses Internet sekarang adalah Produknya, Windows. Yaa Perusahaan yang di dirikan Oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975 ini Memang Sangat Fenomenal dan Berguna Bagi kita. Microsoft berkantor Pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat. Microsoft didirikan untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Paul Allen dan Bill Gates, adalah teman masa kecil yang menggemari Pemrograman komputer, berusaha membuat bisnis yang sukses dengan memanfaatkan kemampuan mereka.
Mereka secara Resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan mengangkat Bill Gates sebagai CEO, dan Paul Allen mencetuskan nama "Micro-Soft".
Microsoft memasuki bisnis Sistem Operasi pada Tahun 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix.Tetapi, justru MS-DOS yang memperkuat Dominasi perusahaan. Setelah negosiasi dengan Digital Research Gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS. Sejak IBM mendaftarkan Hak Cipta IBM PC BIOS, perusahaan lain harus melakukan Rekayasa agar perangkat keras non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer kompatibel IBM PC,
Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya, Namun Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft bulan Februari setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin.


Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984, OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah Ekstensi Grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November.  Microsoft Lalu memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi Perusahaan UmumPada tahun 1990 Microsoft Memperkenalkan perangkat lunak Perkantorannya, Microsoft Office. Tanggal 13 Januari 2000, Bill Gates menyerahkan jabatan CEO kepada Steve Ballmer, teman lama Gates di perguruan tinggi dan karyawan perusahan ini sejak 1980, dan menciptakan jabatan baru untuk dirinya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak.
Microsoft
Steve Ballmer

Dalam peringkat orang terkaya di dunia versi Forbes, Ballmer menempati peringkat ke-43 orang terkaya di dunia, dengan kekayaan diperkirakan mencapai $15 miliar. Steve Ballmer bergabung dengan Microsoft pada 11 Juni 1980, Saat ini, Ballmer menjadi karyawan terlama yang bergabung dengan Microsoft setelah Bill Gates.

Tanggal 25 Oktober 2001, Microsoft merilis Windows XP, sehinnga menyatukan arus utama dan jajaran NT di bawah basis kode NT. Perusahaan ini meluncurkan Xbox pada akhir tahun 2000, Yang menandakan masuknya Microsoft ke pasar konsol Permainan yang selama ini didominasi Sony dan Nintendo.
Dirilis bulan Januari 2007, versi Windows selanjutnya, Windows Vista, berfokus pada fitur, Keamanan, dan antar Muka pengguna Baru yang di juluki Aero, Microsoft Office 2007, dirilis pada saat yang sama.
Bill Gates mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Arsitek Perangkat Lunak pada 27 Juni 2008 dan memegang Jabatan lain di Microsoft selain menjadi penasihat perusahaan pada proyek-proyek utama.
pada 22 Oktober 2009, Microsoft Store pertama dibuka di Scottsdale, Arizona hari yang sama dengan peluncuran Resmi Windows 7. Fokus Windows 7 adalah memperbaiki Windows Vista dengan fitur yang mudah digunakan dan pemutakhiran Performa, alih-alih merombak total Windows.

Seiring Berkembangnya industri telepon cerdas yang dimulai tahun 2007 yang Cepat, Microsoft berusaha sejajar dengan pesaingnya, Apple dan Google, dalam penyediaan sistem operasi telepon cerdas modern. Sebagai hasilnya, pada tahun 2010, Microsoft merombak sistem operasi telepon genggamnya yang sudah tua, Windows Mobile, dan menggantinya dengan Windows Phone OS yang baru.
Setelah Peluncuran Windows Phone 7, Microsoft perlahan melakukan pencitraan ulang seluruh jajaran Produknya antara 2011 dan 2012.
Tanggal 31 Mei 2012, Microsoft merilis versi  perangkat Lunak Windows 8 generasi selanjutnya. Perangkat Lunak ini dirancang untuk berbagai Platform mulai dari Tablet hingga komputer meja.
Untuk pertama kalinya dalam 20 tahun, Apple Inc. mengalahkan Microsoft dalam hal laba dan pendapatan per kuartal pada Q1 2011 akibat melemahnya penjualan PC dan kerugian besar Microsoft Online Services Division (yang mengurus mesin pencari Bing). Laba Microsoft sebesar $5,2 miliar, sementara Apple $6 miliar, dengan pendapatan $14,5 miliar dan $24,7 miliar secara berturut-turut. Microsoft Online Services Division terus-terusan merugi sejak 2006 dan pada Q1 2011, divisi ini mengalami kerugian sebesar $726 juta. Kerugian ini mengikuti kerugian sebesar $2,5 miliar pada tahun 2010.
Pada tanggal 23 Agustus 2012, Microsoft meluncurkan Logo perusahaan baru pada pembukaan Microsoft Store ke-23 di Boston. Penggantian logo ini menandakan pengalihan fokus perusahaan dari gaya klasik ke antarmuka modern serba kotak yang akan dipakai di platform Windows Phone, Xbox 360, dan Windows 8 dan Office Suites. Logo baru ini terdiri dari empat persegi dengan warna-warna Logo Windows.

Microsoft
Tetapi Logo ini tidak baru sama sekali, karena pernah muncul di iklan Windows 95 pada pertengahan 1990-an. Masing-masing warna mewakili sebuah produk besar Microsoft: biru untuk Windows (dan Windows 8), hijau untuk Xbox, merah untuk Office, dan kuning masih belum diketahui.
Berikut adalah Versi  Wondows Dari Pertama Hingga Sekarang:
  • WINDOWS 1.0 TAHUN 1985
  • WINDOWS 2.0  TAHUN1987
  • WINDOWS 3.X(3.0 DAN 3.1)  TAHUN 1990
  • WINDOWS FOR WORKGROUP(3.XX)  TAHUN 1992
  • WINDOWS 95  TAHUN 1995
  • WINDOWS 98 & 98 SPECIAL EDITION (SE) TAHUN 1998
  • WINDOWS MILLENIUM EDITION (ME) TAHUN 2000
  • WINDOWS EXPERIENCE(XP) TAHUN 2001
  • WINDOWS VISTA TAHUN 2007
  • WINDOWS 7 SEKITAR TAHUN 2010
  • WINDOWS 8  Sekitar TAHUN 2012
  • WINDOWS 8.1 sekitar TAHUN 2013 
 Hingga Saat kini Windows masih Menjadi System Operasi yang Paling Banyak di Gunakan, yang Menjadikan Bill Gates Orang Terkaya di Dunia. Anda Bisa Membaca Lengkapnya di Postingan saya yang kemarin  5 Jenius Teknologi ini Rupanya Tak Lulus Kuliah
Artikel ini saya Baca dari Berbagai Sumber dan saya Ringkas untuk mempermudah anda Memahaminya Semoga Bermanfaat!
Baca Juga: Sejarah Awal Hingga Akhir Google

0 komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah yang Baik dan Benar, No Sara, No Spam
- Jika ada Artikel yang Salah, Kurang atau Link Mati Silahkan Tinggalkan Komentar, Nanti akan saya Perbarui, Saya Juga Manusia Biasa yang Tak Luput dari Kesalahan.
- Komentar anda Membantu Kemajuan Blog Kami
-Terima Kasih Telah Berkunjung-