Home » » Sejarah Awal Android Hingga Sekarang

Sejarah Awal Android Hingga Sekarang

Written By Rudy on 4 April 2014 | 16:51

Android
Andoid adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler.
Android pada mulanya didirikan oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White pada tahun 2003. Tujuan awal pengembangan Android adalah untuk mengembangkan sebuah sistem operasi canggih yang diperuntukkan bagi kamera digital, namun kemudian disadari bahwa pasar untuk perangkat tersebut tidak cukup besar, dan pengembangan Android lalu dialihkan bagi pasar Telepon Pintar untuk menyaingi Symbian dan Windows Mobile. Namun Pengerjaan Proyek ini dilakukan secara diam diam.

Pada Tahun  2005 Rubin Mengajak Larry Page Pendiri Google untuk Bertemu dan kedua pria tersebut bertemu di Lobi kantor Pusat Google. Mereka telah berjumpa tiga tahun sebelumnya, ketika Rubin akan merilis smartphone yang dibuatnya bernama Sidekick yang memakai mesin cari default Google. Kala itu, Google belum begitu di Kenal. Rubin berniat untuk Memperlihatkan Android.

Rubin kemudian Menjelaskan pada Larry Page bahwa ponsel semakin menuai popularitas. Namun sayangnya, terjebak pada sistem yang tertutup. Rubin merasa punya solusi dengan Android, Platform Mobile Open Source yang bisa diinstal semua vendor ponsel. Rubin Hanya ingin Dukungan, karena Android akan Berkembang dan di Pandang jika di Dukung Nama Besar Google.
Waktu itu, Windows Mobile sedang tumbuh pesat.

Android

Larry Page bertindak cepat untuk mencegah kemungkinan tersebut. Ide Rubin pun menarik Larry Page, Ia akhirnya memutuskan Untuk membeli Android secara keseluruhan. Rubin Terkejut Tetapi dia Sangat Senang, dan Akhirnya Android di Beli  pada bulan Juli 2005, dengan harga sekitar USD 50 juta, Semua Tercenggang, mereka Bertanya tanya, apa yang akan di Lakukan Oleh Google dengan Membeli Android. Ponsel pertama dengan sistem operasi Google Android akhirnya dirilis tahun 2008. Ponsel besutan HTC yang dinamakan T-Mobile G1 itu diluncurkan di New York.
Ponsel itu mulai dijual di Amerika Serikat pada bulan Oktober seharga USD 179 dan di Inggris pada awal November.
G1 dilengkapi dengan berbagai aplikasi  Google seperti Gmail, YouTube dan juga Google Maps. Dengan Android, Google ingin membuat makin banyak orang yang mengakses internet dan memakai layanan pencarian serta iklannya yang jadi sumber Pemasukan utama Google.

Kehadiran Android tentunya Mengakibatkan Persaingan yang cukup Panas, Apple, Microsoft dan Nokia berlomba lomba membuat Software Generasi masa depan. Nokia menganggap OS tersebut hanya versi Linux biasa dan bukan Ancaman yang Serius untuknya.
Sesudah HTC G1, vendor lain seperti LG, Motorola dan Samsung menyusul dengan memperkenalkan handset Android pertamanya. Diikuti kemudian oleh Sony. Beberapa merek berhasil menuai popularitas besar. dan yang yang menuai Popoularitas Paling Besar setelah mengeluarkan SAMSUNG Galaxy Seri S. Hingga saat ini Samsung Masih Berjaya dengan Seri Serinya Seperti Galaxy Grand, Galaxy Tab, Galaxy Mega, Galaxy Star, dll.
iPhone yang semula berkuasa pun mulai tertinggal. Kini, ponsel Android menguasai pangsa pasar 59% di segmen Sistem Operasi ponsel global. 
Google menyediakan pembaruan utama bagi versi Android, dengan jangka waktu setiap Enam sampai Sembilan bulan, Pembaruan utama terbaru adalah Android 4.4 KitKat
pembaruan Android biasanya lebih lambat diterima oleh perangkat penggunanya di Bandingkan iPhone Untuk perangkat selain merek Nexus, pembaruan biasanya baru bisa diterima dalam waktu berbulan-bulan setelah dirilisnya versi resmi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya variasi perangkat keras Android, sehingga setiap pembaruan harus disesuaikan secara khusus.
Android
Android KitKat
Perusahaan Riset Canalys memperkirakan bahwa pada kuartal kedua 2009, Android memiliki pangsa penjualan telepon Pintar sebesar 2,8% di seluruh dunia. Pada kuartal keempat 2010, jumlah ini melonjak menjadi 33%, menjadi platform telepon pintar terlaris di dunia. Hingga kuartal ketiga 2011, Gartner memperkirakan lebih dari setengah (52,5%) pasar telepon pintar global dikuasai oleh Android. Menurut IDC, pada kuartal ketiga 2012, Android menguasai 75% pangsa pasar telepon pintar global.
Pada bulan Juli 2011, Google mengungkapkan bahwa terdapat 550.000 perangkat Android Baru yang diaktifkan setiap harinya. Sungguh Sebuah Prestasi yang Gemilang bagi Android.
Pada bulan September 2012, 500 juta perangkat Android telah diaktifkan, dengan 1,3 juta aktivasi per hari. Pada Mei 2013, di Google I/O, Sundar Pichai mengumumkan bahwa total perangkat Android yang telah diaktifkan berjumlah 900 juta. Woooowwww... Jumlah yang sangat Fantastisss..!
Pada bulan Maret 2013, pangsa Android di pasar telepon pintar global dipimpin oleh produk-produk Samsung, yakni sebesar 64%. Perusahaan riset pasar, Kantar, melaporkan bahwa platform besutan Google menyumbang lebih dari 70% dari seluruh penjualan perangkat telepon pintar di RRT selama periode ini. Hingga November 2013, pangsa pasar Android dikabarkan telah mencapai 80%. Dari 261,1 juta telepon pintar yang terjual pada bulan Agustus, September, dan Oktober 2013, sekitar 211 juta di antaranya adalah perangkat Android. Android 4.1/4.2/4.3 Jelly Bean adalah versi Android yang paling banyak digunakan, yakni sekitar 50% dari keseluruhan perangkat Android di seluruh dunia.

Sifat Android yang terbuka dan bisa dikustomisasi menyebabkan sistem operasi ini juga digunakan pada perangkat elektronik lainnya, termasuk laptop dan netbook,  Smart TV  dan kamera (Nikon Coolpix S800c dan Galaxy Camera). Selain itu, sistem operasi Android juga mengembangkan aplikasinya pada kacamata pintar (Google Glass).
Berikut Adalah Versi Android Mulai dari yang Awal Hingga Akhir
  • Android 1.0
  • Android 1.1
  • Android 1.5 Cupcake
  • Android 1.6 Donut
  • Android 2.0 Eclair
  • Android 2.0.1 Eclair
  • Android 2.1 Eclair
  • Android 2.2–2.2.3 Froyo
  • Android 2.3–2.3.2 Gingerbread
  • Android 2.3.3–2.3.7 Gingerbread
  • Android 3.0 Honeycomb
  • Android 3.1 Honeycomb
  • Android 3.2 Honeycomb
  • Android 4.0–4.0.2 Ice Cream Sandwich
  • Android 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich
  • Android 4.1 Jelly Bean
  • Android 4.2 Jelly Bean
  • Android 4.3 Jelly Bean
  • Android 4.4 KitKat
 Begitu Populernya Sampai Pesan Instan BBM yang tadinya Khusus ada Pada SmartPhone Blackberry kini sudah Bisa anda Nikmati pada Android, Untuk Saat ini Baru Perangkat Versi
Gingerbread, Ice Sandwich, Jelly Bean, dan KitKat yang Bisa menggunakan BBM.
Itulah Sejarah Android dari Awal Hingga Sekarang memang Android Adalah OS yang Fenomenal dan Menarik, Saya Juga Kebetulan Penggemar Android. Terpikir di Pikiran saya untuk Bisa membuat Sebuah Perusahaan di Bidang Teknologi Seperti mereka yang Hasilnya Bisa Berguna Bagi Orang Lain. Sekian dari saya semoga Bermanfaat!

0 komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah yang Baik dan Benar, No Sara, No Spam
- Jika ada Artikel yang Salah, Kurang atau Link Mati Silahkan Tinggalkan Komentar, Nanti akan saya Perbarui, Saya Juga Manusia Biasa yang Tak Luput dari Kesalahan.
- Komentar anda Membantu Kemajuan Blog Kami
-Terima Kasih Telah Berkunjung-