Home » , » Mengenal Lebih dalam Heartbleed

Mengenal Lebih dalam Heartbleed

Written By Rudy on 15 April 2014 | 08:20

http

Belakangan ini jagat Dunia maya di Gemparkan oleh satu nama yaitu Heartbleed, bukan namanya yang menggemparkan tetapi Akibatnya, saya sendiri sempat binggung apa itu Heratbleed karena setiap saya berkunjung ke Situs warta digital di bagian Tekno heartbleed menjadi Trending Topik yang hangat di bicarakan. Apa Sebenernya Heartbleed,,? Menurut dari beberapa Sumber yang saya baca, Heartbleed adalah Celah Keamanan yang ditemukan pada Protokol OpenSSL. Heartbleed ditemukan setelah tim peneliti keamanan komputer di Universitas Michigan, Amerika Serikat, menggunakan pemindai jaringan open source yang disebut ZMap. ZMap dikembangkan di Universitas Michigan oleh Asisten Profesor J Alex Halderman dan mahasiswa pascasarjana ilmu komputer, Zakir Durumeric dan Eric Wusterow.

Zmap berguna untuk mencari server internet yang rentan terhadap Heartbleed yang berpotensi digunakan untuk mencuri username, password, nomor kartu kredit, dan informasi penting lain.

Dengan mengeksploitasi celah Heartbleed pada OpenSSL, peretas bisa mencuri informasi, meskipun sebuah situs web atau penyedia layanan sudah melakukan enkripsi (ditandai dengan gambar "gembok" dan prefiks "https:" pada URL).

Celah keamanan ini ditemukan pada OpenSSL, sebuah protokol sekuriti open-source yang digunakan untuk enkripsi informasi sensitif melalui fungsi SSL (secure sockets layer) di banyak layanan berbasis internet.

Heartbleed berimbas pada semua situs web dan layanan yang menjalankan OpenSSL versi 1.0.1 hingga 1.01f. Versi-versi OpenSSL yang rawan tersebut sudah banyak dipakai sejak Mei 2012.

Artinya, selama dua tahun, celah ini telah beredar tanpa terdeteksi di semua penyedia layanan yang menggunakan enkripsi OpenSSL, mulai dari aplikasi, situs web internet, hingga institusi perbankan.(Kompas)
Permasalahan Terbesar adalah OpenSSL digunakan oleh 66 persen dari semua bagian web internet untuk mengenkripsi data sehingga celah keamanan tersebar luas.
Menurut data Netcraft, 17% dari seluruh situs di dunia, atau sekitar 500 jutaan situs, terancam bug ini. Sementara itu tim OpenSSL juga telah menerbitkan versi terbaru untuk menangani cacat tersebut dengan menghadirkan OpenSSL 1.0.1g, dimana situs-situs besar seperti Yahoo, Google, Twitter telah menangani hal tersebut.

Tak Hanya itu saja, Heartbleed juga Menghantui Para pengguna Ponsel, di antaranya adalah Apple, WindowsPhone, Blackberry, dan Android. Namun menurut Pihak Apple Timnya sudah menguji keamanan Ponselnya dari Heartbleed dan di Nyatakan Paling Aman, WindowsPhone juga Mengklaim Cukup Aman dari Heartbleed, Windows Phone menggunakan komponen Enkripsinya sendiri yang disebut Secure Channel (SKChannel) yang diklaim oleh Microsoft tidak rentan terhadap Heartbleed. sementara itu Blackberry juga sedang menguji Keamanannya dari Heartbleed, dan Untuk Android, Pihaknya Menyatakan Semua Versi Android Aman dari Heartbleed Kecuali untuk android 4.1.1, Pihaknya sedang Berusaha Menambal Celah Heartbleed. Lebih Parahnya Saat ini terdapat sekitar 34 persen pengguna Android versi 4.1.X, yang artinya lebih dari 300 juta smartphone dan tablet Rawan terhadap Heartbleed. beberapa Situs Jejaring sosial dan situs Informasi terkemuka juga ikut Terkena Imbas dari Heartbleed seperti Facebook, Tumblr, Google, Gmail, Yahoo, DropBox. Tetapi semua Situs di atas sedang berusaha Menambal celah Heartbleed

Waduhhh saya sendiri Pengguna Android 4.1.1

S890

Jangan Panik dulu Semua Penyakit Pasti ada Obatnya begitu Pula dengan Heartbleed, Ada Aplikasi Khusus Bagi Pengguna android 4.1.1 agar Terhindar dari Heartbleed, Namnya adalah Heartbleed Detector, aplikasi ini juga Tidak terlalu memberatkan Android anda karena ukurannya hanya 220kb. Anda Bisa Mendownloadnya di Bawah ini. Tatapi anda juga Harus Tetap Waspada, anda Harus Rajin mengupdate Aplikasinya.

Heartbleed Detector apk


Heartbleed Detector Apk


0 komentar:

Posting Komentar

- Berkomentarlah yang Baik dan Benar, No Sara, No Spam
- Jika ada Artikel yang Salah, Kurang atau Link Mati Silahkan Tinggalkan Komentar, Nanti akan saya Perbarui, Saya Juga Manusia Biasa yang Tak Luput dari Kesalahan.
- Komentar anda Membantu Kemajuan Blog Kami
-Terima Kasih Telah Berkunjung-